- Pengalaman dan Pertumbuhan
Pemikiran John Dewey banyak dipengaruhi oleh teori evolusi Charles Darwin
(1809-1882) yang mengajarkan bahwa hidup di dunia ini merupakan suatu proses,
dimulai dari tingkatan terendah dan berkembang maju dan meningkat. Hidup tidak
statis, melainkan bersifat dinamis. All is in the making, semuanya dalam
perkembangan. Pandangan Dewey mencerminkan teori evolusi dan kepercayaannya
pada kapasitas manusia dalam kemajuan moral dan lingkungan masyarakat, khusunya
malalui pendidikan.
Pengalaman (experience) adalah salah satu kunci dalam filsafat
instrumentalisme. Filsafat instrumentalisme Dewey dibangun berdasarkan asumsi
bahwa pengetahuan berpangkal dari pengalaman-pengalaman dan bergerak kembali menuju
pengalaman. Pandangan Dewey mengenai pendidikan tumbuh bersamaan dengan
kerjanya di laboratorium sekolah untuk anak-anak di University of Chicago .
Di lembaga ini, Dewey mencoba untuk mengupayakan sekolah sebagai miniatur
komunitas yang menggunakan pengalaman-pengalaman sebagai pijakan. Dengan model
tersebut, siswa dapat melakukan sesuatu secara bersama-sama dan belajar untuk
memantapkan kemampuannya dan keahliannya.
2.
Tujuan Pendidikan
Sains, menurutnya, tidak mesti diperoleh dari buku-buku, melainkan harus
diberikan kepada siswa melalui praktek dan tugas-tugas yang berguna. Dewey
demikian lekat dengan atribut learning by doing. Yang dimaksud di sini
bukan berarti ia menyeru anti intelektual, tetapi untuk mengambil kelebihan
fakta bahwa manusia harus aktif, penuh minat dan siap mengadakan eksplorasi.
Belajar haruslah dititiktekankan pada praktek dan trial and error.
Akhirnya, pendidikan harus disusun kembali bukan hanya sebagai persiapan menuju
kedewasaan, tetapi pendidikan sebagai kelanjutan pertumbuhan pikiran dan
kelanjutan penerang hidup. Tujuan pendidikan adalah efisiensi sosial dengan
cara memberikan kemampuan untuk berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan demi
pemenuhan kepentingan dan kesejahteraan bersama secara bebas dan maksimal.
Mengenai konsep demokrasi dalam pendidikan, Dewey berpendapat bahwa dalam
proses belajar siswa harus diberikan kebebasan mengeluarkan pendapat. Siswa
harus aktif dan tidak hanya menerima pengetahuan yang diberikan oleh guru.
Begitu pula, guru harus menciptakan suasana agar siswa senantiasa merasa haus
akan pengetahuan. Dasar demokrasi adalah kepercayaan dalam kapasitasnya sebagai
manusia. Yakni, kepercayaan dalam kecerdasan manusia dan dalam kekuatan
kelompok serta pengalaman bekerja sama. Dasar demokrasi adalah kebebasan
pilihan dalam perbuatan (serta pengalaman) yang sangat penting untuk
menghasilkan kemerdekaan inteligent.
Di dalam filsafat John Dewey disebutkan adanya experimental continum atau
rangkaian kesatuan pengalaman, yaitu proses pendidikan yang semula dari pengalaman
menuju ide tentang kebiasaan (habit) dan diri (self) kepada
hubungan antara pengetahuan dan kesadaran, dan kembali lagi ke pendidikan
sebagai proses sosial.
3.
Teori Demokrasi dan Kepemimpinan Demokrasi
Menurut John Dewey (1935), demokrasi bukan hanya sekedar kebebasan dalam
tindakan, namun terutama kebebasan kecerdasan (freedom of intelligence). Dewey
mengatakan bahwa : unless freedom of action (is guided) by intelligence, its
manifestation is almost sure to result in confusion and disorder (Dewey, 1935,
dalam Wraga, 1998). Oleh karena itu komitmen demokrasi untuk membebasan
kecerdasan lebih fundamental daripada kebebasan dalam bertindak.
Ciri dari suatu kelompok yang demokratis adalah adanya unsur-unsur
popular sovereignty, freedom, equality, individualism dan social
responsibility. (Wraga, 1998). Secara sederhana, popular sovereignty dapat
diartikan memutuskan suatu permasalahan berdasarkan kesepakatan bersama antara
anggota kelompok.
Dalam terminasi Dewey, freedom diartikan sebagai kebebasan dalam melakukan
suatu tindakan, yang didasari oleh kebebasan dalam berpikir. Untuk dapat
melakukan suatu tindakan seseorang harus memiliki kemampuan untuk berpikir dan
berbicara secara bebas. Jadi kemampuan melakukan refleksi dan komunikasi
merupakan prasyarat (prerequisite) untuk melakukan tindakan demokratis yang
cerdas (Wraga,1998). Prinsip equality dalam sistem demokrasi menunjukkan bahwa
setiap anggota kelompok adalah setara. Tidak ada anggota kelompok yang dapat
mengklaim bahwa dirinya harus diperlakukan lebih istimewa dibandingkan anggota
yang lain. Integritas dari setiap anggota sebagai individu yang bebas sangat
dihargai. Setiap individu mempunyai hak untuk berpendapat dan bertindak tanpa
intimidasi atau tekanan dari anggota yang lain.
4. Pendidikan
Demokrasi Dalam Rangka Integrasi Bangsa
John Dewey filosof pendidikan yang melihat hubungan yang begitu erat
antara pendidikan dan demokrasi. pendidikan tidak dapat dilepaskan dari
penyelenggaraan negara yang demokratis. Pendidikan demokrasi sebagai upaya
sadar untuk membentuk kemampuan warga negara berpartisipasi secara bertanggung
jawab dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sangat penting.
Dengan tingginya partisipasi rakyat dalam kehidupan berbangsa dan
bernegara, maka dapat mendorong pada terwujudnya pemerintah yang transparans
dan akuntabel. Pemerintah yang demikian merupakan pemerintah yang demokratis,
dekat dengan rakyat sehingga menjadi perekat bangsa.
Sedangkan pentingnya pendidikan demokrasi antara lain dapat di lihat dari nilai – nilai yang terkandung di dalam demokrasi. Nilai-nilai demokrasi dipercaya akan membawa kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik dalam semangat egalitarian dibandingkan dengan ideologi non-demokrasi.
Sedangkan pentingnya pendidikan demokrasi antara lain dapat di lihat dari nilai – nilai yang terkandung di dalam demokrasi. Nilai-nilai demokrasi dipercaya akan membawa kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik dalam semangat egalitarian dibandingkan dengan ideologi non-demokrasi.
Menurut saya teori John Dewey
telah diterapkan oleh sebagian besar sekolah, namun sekolah tidak sepenuhnya
menerapkan teori John Dewey ini yang menggunakan konsep pendidikan demokrasi,
kita lihat dari pandangan Dewey tentang pengetahuan tidak hanya didapat dari
buku-buku sains melainkan pengetahuan bias didapatkan dari pengalaman hidup,
menurut Dewey pengalaman adalah salah satu kunci dalam filsafat
instrumentalisme. Dan pengalaman merupakan keseluruhan aktivitas manusia yang
mencakup segala proses yang saling mempengaruhi antara organisme yang hidup
dalam lingkungan sosial dan fisik.
Sedangkan dalam dalam sekolah ilmu pengetahuan banyak dicari dengan
buku-buku sains yang dibantu dengan tenaga pendidik untuk memberikan ilmu dari
buku tersebut sekaligus memberikan pengalaman hidup yang telah dialami sebagai
bahan ajaran tambahan diluar KBM. Karena di sekolah bukan hanya belajar tapi
kita juga mendapat pendidikan agar menjadi lebih baik dari sebelumnya.
Dan mengenai konsep pendidikan yang dikemukakan oleh Dewey bahwa dalam
proses belajar siswa harus diberikan kebebasan mengeluarkan pendapat. Siswa
harus aktif dan tidak hanya menerima pengetahuan yang diberikan oleh guru.
Begitu pula, guru harus menciptakan suasana agar siswa senantiasa merasa haus
akan pengetahuan. Konsep ini sudah banyak di lakukan oleh sekolah-sekolah dan
konsep ini menyempurnakan konsep Bloom yang membagi pendidikan menjadi tiga
domain( kognitif, afektif, dan psikomotor). Dengan konsep ini pendidikan akan
menjadi lebih baik, khususnya di Indonesia , karena seorang siswa
juga berhak mengeluarkan pendapat apabila ia kurang sepaham dengan apa yang
telah disampaikan oleh gurunya, selama argument yang dia berikan logis.
Catatan dan tulisan pendek ini sangat informatif dan sangatmembantu. Mrk akan lbh baik lagi kalah disertakan dengan sumber bacaan (reference) yg digunakan agar dpt lbh membantu pembaca mengembangkan hal yg ditulis. Bravo, keep continuing. Si@
BalasHapusCatatan dan tulisan pendek ini sangat informatif dan sangatmembantu. Mrk akan lbh baik lagi kalah disertakan dengan sumber bacaan (reference) yg digunakan agar dpt lbh membantu pembaca mengembangkan hal yg ditulis. Bravo, keep continuing. Si@
BalasHapustulisan ilmiah ini sederhana tetapi berisi. Thank You sister. Mohon disertakan sumber bacaanya supaya membatu para pembaca untuk medalaminya lebih lanjut.
BalasHapus